Rp. 28.000,-

Kepemimpinan Kristen - Mencari Format Kepemimpinan Gereja Yang K
[Soft Cover]

Kepemimpinan Kristen - Mencari Format Kepemimpinan Gereja Yang K

Pengarang: DR. Yakob Tomatala
Ukuran Buku: 14 x 21 cm
Isi: 103 hlm.

Buku ini terfokus kepada upaya untuk membahas tentang kepemimpinan Kristen dan sudut pendekatan Alkitabiah yang berperan sebagai landasan guna mengintegrasikan pandangan-pandangan lain. Faktor-faktor dasar yang diketengahkan ialah studi kepemimpinan dan perspektif Kristen yang Kristen seutuhnya.

Kepemimpinan Kristen yang teosentris - kristo - sentris ini menegaskan premis utama bahwa setiap pemimpin yang memimpin terpanggil oleh Tuhan kepada tugas / tanggung jawab kepemimpinan. Pemimpin yang terpanggil menampakkan tanda bahwa ia memiliki kredibilitas, kapasitas dan kapabilitas kepemimpinan sebagai landasan menjadi kompeten dalam kepemimpinannya.

Pada sisi lain, buku ini juga mengetengahkan pendekatan penerapan kepemimpinan yang kontekstual yang memberi daya terap tinggi bagi kepemimpinan Kristen dalam setiap konteks pelayanan.

Aspek - aspek / matra - matra serta nilai - nilai Kepemimpinan Kristen dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru khususnya ajaran - ajaran Tuhan Yesus Kristus, memperkaya isi buku ini yang dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pembelajar yang berhasrat untuk maju. Pandangan - pandangan segar dan dinamis yang dicetuskan tentu akan memperluas wawasan para pembelajar, baik yang awam maupun para pelayan pada umumnya. Selamat.

Penulis tamat dan SMA Xavenlus, Ambon pada tahun 1967 dan melanjutkan, ke Akademi Administrasi Niaga Negara pada tahun 1968 di kota yang sama. Tahun 1975, penulis menyelesaikan pendidikan teologi dari STT Jaffray, Ujung Pandang ( Ijazah Negara Kopertis VII ); dan belajar pada STT Injili Indonesia di Yogyakarta (1979). Studi pascasarjana dilanjutkan ke Asian Theological Seminary ( Master of Divinity, 1982 - 1983 ) dan Alliance Biblical Seminary ( Master of Intercultural Studies, 1983 - Academic Honor ) di QuezonCity, Filipina. Setelah itu penulis melanjutkan ke Fuller Theological Seminary, School of World Mission (Master of Arts In Mlsslology, 1989 dan Doctor of Missiology in Leadership Concentration, 1990) di Pasadena, California, USA. Kemudian penulis mengikuti Post Doctoral Studies, Institute of Islamic Studies Asia Pacific Theological Seminary, Baquio City, Filipina (1998).

Penulis pernah melayani sebagai Pengajar Direktur Sekolah Alkitab dan Kejuruan Kupang di Kupang (1976-1980); Dosen dan Pembantu Ketua I STT Jaffray Ujung Pandang 1983-1986, Dosen dan dekan STT Jaffray Cabang Jakarta (1984 - 1988), dan Rektor Institut Filsafat Theologi dan Kepemimpinan Jeffrey Jakarta (1990- 1996; 1996- 2001). Penulis juga turut mengajar pada program Sarjana / Pascasarjana di STT Jaifray Ujung Pandang; STT Simpson, Ungaran, STT Reformed Injili Indonesia, Jakarta; ITKI, Jakarta; STT 1-3 Batu, Malang; STT Ebenhaezer, Tg. Enim; STTAA, Jakarta; STA Nusantara, Malang; dan STT Intel IMI, Australia. Penulis pun mengabdi sebagai anggota BP Yayasan LAI Jakarta (1991-1996, 1996-2001) dan Sekretaris (Umum Yayasan EE Indonesia. Pelayanan Penulis sekarang ialah sebagai Ketua Umum Sinode Gereja Kemah lnjll Indonesia (2001-2006), dan Ketua Bidang Misi PII (2002-2006) serta Dekan YT Graduate School of Leadership IFTK Jaffray Jakarta.

 

DAFTAR ISI

Dedikasi

Kata Pengantar

Daftar Isi

Pendahuluan

BAB I Dunia Kepemimpinan Kristen

Pengantar

A. Mendefinisikan Kepemimpinan Kristen dan Perspektif Alkitab

B. Pemimpin dalam Kepemimpinan Kristen

  1. Panggilan Sebagai Pemimpin Kristen

  2. Dasar Teologis Filosofis Kepemimpinan Kristen

  3. Dasar Etika-Moral Kepemimpinan Kristen

RANGKUMAN

BAB II Dasar Alkitab Kepemimpinan Kristen

A. Mandat Kepemimpinan Kristen

  1. Mandat Pemimpin Model

  2. Mandat Pemimpin Bertanggung Jawab

B. Memahami Makna Kepemimpinan Kristen

C. Pandangan Alkitab tentang Kepemimpinan

  1. Kepemimpinan dalam Perjanjian Lama

  2. Kepemimpinan dalam Perjanjian Baru

D. Panggilan kepada Tanggung Jawab Kepemimpinan

RANGKUMAN

BAB III Relevansi Penerapan Kepemimpinan Kristen dalam Konteks

Pengantar

A. Hakikat Kepemimpinan yang Harus Dihidupi.

B. Dasar-Dasar Mengkontekstualisasikan Kepemimpinan Kristen dalam Konteks

C. Menerapkan Kepemimpinan Kristen dalam Konteks

RANGKUMAN

Kesimpulan

Kepustakaan

 


Pengarang